About

JADILAH SEPERTI YANG KAMU INGINKAN, KARENA ANDA HANYA MEMILIKI SATU KEHIDUPAN DAN SATU KESEMPATAN UNTUK MELAKUKAN YANG INGIN ANDA LAKUKAN: Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan:SAHABAT SEJATI ADALAH MEREKA YANG SANGGUP BERADA DI SISIMU KETIKA KAMU MEMERLUKAN DUKUNGAN WALAUPUN SAAT ITU MEREKA BISA MEMILIH BERADA DI TEMPAT LAIN YANG LEBIH MENYENANGKAN: Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.

Sabtu, 03 Oktober 2009

istilah katolik

dikutip dari “Katekismus Gereja Katolik”, #830-831

Kata “katolik” berarti “merangkul semua,” maksudnya “seluruhnya” atau “lengkap”. Gereja itu katolik dalam arti ganda:

Ia katolik karena di dalamnya ada Kristus. “Di mana Yesus Kristus ada, di situ ada Gereja Katolik” (Ignasius dari Antiokhia, Smyrn. 8,2). Di dalam Dia, Tubuh Kristus yang dipersatukan dengan Kepala-Nya terlaksana sepenuhnya. Dengan demikian ia menerima dari-Nya “kepenuhan sarana keselamatan”, yang Ia kehendaki: pengakuan iman yang benar dan utuh, kehidupan sakramental yang lengkap dan tugas pelayanan yang tertahbis dalam suksesi apostolik. Dalam arti yang mendasar ini Gereja sudah “katolik” pada hari Pentakosta dan ia akan tetap tinggal demikian sampai pada hari kedatangan kembali Kristus.

Gereja bersifat Katolik, karena ia diutus oleh Kristus kepada seluruh umat manusia:

“Semua orang dipanggil kepada Umat Allah yang baru. Maka umat itu, yang tetap satu dan tunggal, harus disebarluaskan ke seluruh dunia dan melalui segala abad, supaya terpenuhilah rencana kehendak Allah, yang pada awal mula menciptakan satu kodrat manusia, dan menetapkan untuk akhirnya menghimpun dan mempersatukan lagi anak-anak-Nya yang tersebar…. Sifat universal, yang menyemarakkan Umat Allah itu, merupakan karunia Tuhan sendiri. Karenanya Gereja yang katolik secara tepat guna dan tiada hentinya berusaha merangkum segenap umat manusia berserta segala harta kekayaannya di bawah Kristus Kepala, dalam kesatuan Roh-Nya.”

http://yesaya.indocell.net/2db1abfe0.jpg
Gereja Ritus Timur oleh P. William P. Saunders

0 komentar: