About

JADILAH SEPERTI YANG KAMU INGINKAN, KARENA ANDA HANYA MEMILIKI SATU KEHIDUPAN DAN SATU KESEMPATAN UNTUK MELAKUKAN YANG INGIN ANDA LAKUKAN: Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan:SAHABAT SEJATI ADALAH MEREKA YANG SANGGUP BERADA DI SISIMU KETIKA KAMU MEMERLUKAN DUKUNGAN WALAUPUN SAAT ITU MEREKA BISA MEMILIH BERADA DI TEMPAT LAIN YANG LEBIH MENYENANGKAN: Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.

Jumat, 15 Februari 2013

Deklarasi Pengunduran Diri Paus Benediktus XVI


Saudara-saudara [para kardinal] yang terkasih,
Saya telah mengumpulkan Anda ke Konsistorium ini, tidak hanya untuk hal tiga kanonisasi, tetapi juga untuk mengkomunikasikan kepada Anda suatu keputusan yang sangat penting bagi kehidupan Gereja. Setelah berulang- ulang memeriksa batin saya di hadapan Allah, saya telah sampai pada suatu kepastian bahwa kekuatan-kekuatan saya, karena usia yang lanjut, tidak lagi cocok untuk menjalankan tugas Kepausan dengan memadai. Saya sadar sepenuhnya bahwa tugas ini, sehubungan dengan sifat spiritualnya yang mendasar, harus dijalankan tidak hanya dengan perkataan dan perbuatan, tetapi juga tidak kurang dengan doa dan penderitaan. Akan tetapi, di dunia dewasa ini, yang dihadapkan pada banyaknya perubahan-perubahan yang cepat dan digoyahkan oleh pertanyaan-pertanyaan dengan relevansi mendalam bagi kehidupan iman, untuk mengemudikan bahtera Santo Petrus dan mewartakan Injil, dibutuhkan kekuatan baik pikiran maupun fisik, kekuatan yang dalam beberapa bulan terakhir ini, terus merosot di dalam diri saya sampai pada suatu keadaan di mana saya harus menyadari ketidaksanggupan saya untuk secara memadai menjalankan tugas yang telah dipercayakan kepada saya. Untuk alasan ini, dan sadar sepenuhnya atas seriusnya tindakan ini, dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meletakkan jabatan sebagai Uskup Roma, Penerus Santo Petrus, yang dipercayakan kepada saya oleh Para Kardinal pada 19 April 2005, sedemikian rupa sehingga sejak 28 Februari 2013, pukul 20:00, Tahta Roma, Tahta Santo Petrus, akan kosong dan suatu Konklaf [pertemuan para kardinal untuk pemilihan paus baru] untuk memilih Paus baru akan harus diselenggarakan oleh mereka yang berkompeten.
Saudara-saudara yang terkasih, saya menyampaikan terima kasih dengan setulus-tulusnya atas semua kasih dan karya yang dengannya Anda telah mendukung saya dalam tugas saya dan saya meminta maaf untuk segala kesalahan-kesalahan saya. Dan sekarang, marilah kita mempercayakan Gereja Kudus kita kepada pemeliharaan Gembala Utama Kita, Tuhan Kita Yesus Kristus, dan memohon kepada bunda-Nya yang kudus Bunda Maria, agar ia membantu para Bapa Kardinal dengan kasih keibuannya, dalam memilih seorang Paus yang baru. Akan halnya saya, saya berkeinginan untuk juga dengan sepenuh hati melayani Gereja Kudus Allah di masa yang akan datang melalui kehidupan yang didedikasikan untuk doa.

Vatikan, 10 Februari 2013
Paus Benediktus XVI

[Diterjemahkan oleh Tradisi Katolik, dengan penyesuaian dari katolisitas.org]

0 komentar: